Bagaimana bila rumah kamu diganggu tikus yang tidak mempan oleh racun tikus? Bahkan begitu hebatnya, hingga kalajengking pun dimakannya.

Tikus macam ini memang ada, namanya grasshooper mouse / tikus belalang - Onychomys torridus. atu-satunya jenis tikus pemakan daging di Amerika Utara ini bisa dibilang paling perkasa. Menurut wikipedia, penyebarannya mulai dari Mexico, Arizona, California, hingga Utah. Semuanya memang daerah di Amerika, tapi bukan tak mungkin kelak terbawa ke daerah tropis.
 

el-capitan-ninjacupcake.tumblr


Tikus belalang memang terlahir untuk menjadi perkasa, sanggup menjatuhkan mangsa yang lebih besar darinya. Tikus tersebut tampaknya dipelihara oleh induk jantan dan betinanya serta belajar perkasa dari induk jantannya.

Semakin dewasa, tikus ini semakin menunjukkan kekuatannya. Jenis tikus belalang ini tak mau membuat sarang sendiri, tetapi merebut tempat hewan pengerat lain. Jika perlu, tikus belalang ini akan menyerang si pemilik sarang. Saat kepepet, tikus ini bahkan akan memakan jenisnya sendiri.

Saking perkasanya, tikus ini pun tak takhluk pada jenis kalajengking yang hidup di Arizona, Centruroides sp. Racun kalajengking itu mampu membuat manusia mengalami gagal pernapasan. Namun, tikus ini menunjukkan kekebalannya. Bukan mati, O torridus malah bisa memakan si kalajengking.

Ashlee Rowe dari Sam Houston State University di Texas mencoba mengungkap rahasia keperkasaan tikus ini. Ia menginjeksikan racun kalajengking dalam jumlah kecil pada tikus biasa dan tikus belalang O torridus.

Ilmuwan mengetahui bahwa racun kalajengking tak berdampak banyak pada O torridus. Dalam riset lebih lanjut, Rowe mengetahui bahwa kekebalan itu terjadi karena O torridus mengalami mutasi pada protein bernama Nav1.8.






 

Sumber:
kompas

0 comments:

Post a Comment

 
Top