Jika Anda melihat pohon ini mungkin akan berpikir seseorang telah mengecatnya menjadi berwarna-warni. Namun ternyata warna pelangi nan mencolok milik pohon eukaliptus ini adalah asli. Keragaman warna merah, ungu, biru hingga oranye ini disebabkan tetesan getah pohon.
 
 
Penampilan indah batang pohon yang berada di Kauai, Hawai, itu dipotret oleh Warren Krupsaw. Fotografer alam itu tidak sengaja menemukannya saat liburan ultah pernikahan dengan sang istri di Hawai. Ia memotretnya sesaat setelah hujan turun di sore hari yang membuat warnanya semakin tajam.

"Ketika pertama kali melihat pohon-pohon itu, aku langsung dibuat takjub. Aku belum pernah melihat kulit berwarna-warni seperti itu," ucap Warren. "Itu benar-benar menarik mataku. Orang-orang yang kuberitahu sulit mempercayai warna itu asli."

Warna pelangi ini muncul akibat getah yang menetes dan mengenai kulit pohon di bagian lain. Pada tetesan pertama, warna yang muncul adalah biru, kemudian perlahan berubah jingga, ungu lalu merah marun. Perbedaan waktu menetes yang membuat kulit pohon kesukaan Koala ini jadi berwarna-warni.
 
 
Pohon dengan nama Latin Eucalyptus deglupta ini habitatnya berada di belahan bumi bagian utara seperti Indonesia dan negara Asia Tenggara lainnya. Namun kini mulai dibudidayakan secara luas untuk bahan baku pembuatan bubur kertas serta hiasan dekoratif.
 
 
 
 
 
Sumber:

0 comments:

Post a Comment

 
Top